jean piaget

10 March 2009 at 10:32 AM (perkuliahan)

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Catatan tambahan dari dosen

Mata Ajaran Psikologi Kognitif

Cut Hani Bustanova

07 06 280 611

Jean Piaget

☻ Saat usia 21 tahun menjadi Ahli Moluska

☻ Karena pada awalnya beliau mengamati anaknya sendiri sebagai bahan obervasi , teori beliau sempat ditolak.

☻ Dalam waktu enam tahun dia mengamati perkembangan pikiran dan bahasa → ada lima buku pegangan utama → aslinya buku2 tersebut berbahasa Perancis.

Piaget: 1) bagaimana kita dapat mengetahui sesuatu?

2) bisakah kita mengetahui sesuatu begitu saja?

3) apakah ada manusia yang membawa ide ataukah semua pengetahuan harus

diperoleh?

Cara: by studying developmental changes in the process (proses mentahui no. 1) and in the organization of knowledge (memahami sesuatu no.2).

Pengetahuan = proses BUKAN keadaan yang menetap. Jadi pengetahuan dinamis.

Semakin aktif, pemahaman qt smakin besar

Piaget → Strukturalism →coz dia mencoba memahami struktur pikiran

Knowledge constructunderstand

(know) (meaning/pemahaman) (paham)

☻ Piaget melakukan pengamatan dalam suatu proses.

Kognisi manusia memilih dan menginterpretasi info di lingkungan. Dan mereka tidak dicekoki secara pasif untuk membangun gudang pengetahuan.

Sistem kognitif → cara berpikir yang ada di otak → aspek organnya → anak bisa melihat dunia dengan cara berbeda → knower berubah →pengetahuan berubah.

Stages of cognitif development:

  • Sensorimotor (birth to 2 years)

  1. ada enam substages

  2. First reflexes, reflexes of sucking. Reflexes bayi develop → skema

  3. Anak bisa melihat hub. Antara dirinya dengan dunia luar

  4. Pengetahuan disimpan di otak → sebagai skema

  • Pre-Operational Thought (2 to 6/7 years)

  1. Waktu baru lahir, manusia merasa menyatu dengan alam

  2. Hanya bisa melihat dr sudut pandang sendiri

– Concrete Operation 96/7 to 11/12 years)

1) Pengetahuan/problem disolve berdasarkan pengalaman yang dialami.

2) Banyak orang Indonesia yang HANYA sampai pada btahap ini.

3) Piaget TIDAK PERNAH menjamin semua orang bisa sampai pada tahap formal operation.

– Formal Operation (11/12 to adult)

☻ Usia pada setiap tahapan tidak mengikat perkembangan anak. Piaget mengakui environment mempengaruhi lama tahapan perkembangan.

Pola asuh

☻ Indonesia BERBEDA → anak Indonesia diduga dev.’a lebih LAMBAT

gizi

☻ Perkembangan dari satu tahap ke tahap lain ditentukan oleh kognitif proses yaitu:

  1. Asimilasi

  2. Akomodasi kualitatif

  3. No. 1 dan 2 → mekanisme u/ tjadi pkmbgan → perubahan skema

kuantitatif

—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: