perbedaan budaya

6 March 2009 at 12:11 PM (perkuliahan)

Tugas Psikologi Lintas Budaya
Cut Hani Busutanova (0706280611)

Aktivitas kognitif manusia di sebut juga aktivitas intelektual. Aktivitas tersebut meliputi persepsi, kategorisasi, ingatan, dan problem-solving .
☻Beri contoh perbedaan budaya dalam lingkup persepsi, kategorisasi, ingatan dan problem solving (minimal dua pada tiap lingkup) !
Saya menuliskan perbedaan budaya orang Aceh dengan budaya lain karena kedua orang tua saya berasal dari aceh.

Persepsi

Ayah saya mengatakan orang Aceh memiliki tiga prinsip hidup yang
disebut dengan Trueh (menyimpan atau menabung suatu barang), Ngui
(memakai pakaian, berhias dengan bagus, rapi, dan baik), dan Pajeoh (makan, seringkali dijumpai orang Aceh cukup boros dalam hal memakan sesuatu).

Memory
Masyarakat Aceh pedalaman mengingat tanggal lahir anak dengan menuliskannya pada dinding rumah dan dengan menggunakan suatu kejadian sebagai acuan. Misalnya anak saya lahir bertepatan dengan perang dunia kedua yang sudah berlalu 60 tahun silam. Selain itu, juga pada pasangan yang baru menikah biasanya ada kebiasaan menanam pohon (kelapa atau yang lainnya) sebagai lambang awal kehidupan. Sehingga dari pohon itu dapat diketahui sudah berapa lama usia pernikahan sepasang pengantin.

Kategorisasi
Orang Aceh mengategorikan wanita cantik adalah wanita yang memiliki rambut ikal, hidung mancung, dan berwarna kulit hitam manis. Berbeda dengan orang jawa yang berwarna kulit kuning langsat, beralis seperti barisan semut, dan berambut lurus seperti mayang.
Selain itu, orang Aceh juga mengategorikan berbagai macam nasi. Ada nasi kulah, nasi maulid, nasi hidang dan sebagainya. Nasi-nasi tersebut pada budaya Jawa dikenal sebagai Nasi Tumpeng.


Problem Solving

Masyarakat Aceh pedalaman masih menggunakan Inferential Reasoning. Misalnya mereka mengganggap jika ada segerombolan semut di balik kayu menandakan bahwa akan datang hujan dan jika ada matahari merah menandakan akan ada mati berdarah (peperangan) baik antarindividu maupun antarsuku. Hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan akan agama dan jumlah masyarakat yang mengenyam pendidikan masih sangat minim bahkan cenderung tidak ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: