Summary Piaget

16 February 2009 at 11:30 AM (renungan)

Ringkasan

Selama anak mengalami perkembangan, mereka melewati seluruh tahapan-tahapan perkembangan yang memiliki karakteristik tertentu dengan cara yang unik untuk memahami dunia. Pada tahap sensorimotor, anak mengembangkan skema koordinasi tangan dan kepala serta konsep object permanence. Pada tahap selanjutnya yakni pre-operational, anak mulai mengembangkan pemikiran simbolik yang merupakan pengaruh dari peningkatan penggunaan bahasa pada awal masa kehidupan anak. Selanjutnya, pada tahap concrete operational, anak mampu menggunakan operasi-operasi dasar seperti pengelompokan (clasification) dan pengurutan benda-benda konkret (seriation). Dan pada tahap akhir, formal operation, anak sudah dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara abstrak dan meta (metacognitively) sebaik mereka juga mampu melakukan penalaran secara hipotetis. Artikel ini menunjukan bahwa tahapan-tahapan perkembangan anak tersebut mengindikasikan adanya instruksi matematika. Secara umum, pengetahuan tentang tahapan-tahapan perkembangan anak yang dikemukakan oleh Piaget ini telah membantu para guru memahami perkembangan kognitif anak sehingga mereka dapat merencanakan aktivitas-aktivitas belajar yang sesuai dengan tahapan-tahapan tersebut dan tetap memberikan aktivitas yang baik dan benar kepada mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: