12 September 2008

27 October 2008 at 7:26 AM (Uncategorized)

Depok, 12 September 2008

Aku ingin menulis tentang apa saja

Di mana saja

Apa yang dilakukan seorang penjaga laboratorium komputer ?

Di laboratorium komputer pascasarjana Universitas Indonesia dipekerjakan seorang pegawai baru. Deskripsi fisiknya kira-kira seperti ini. Wajahnya lonjong. Berkumis rapi dan tidak tebal. Berpakaian batik (hari ini)

Perilalu pemotongan waktu kuliah dosen matakuliah polisi dan pemolisian

Latar belakang

Hari ini Rahel ternyata tidak mengikuti kelas polisi dan pemolisian. Dia men-drop kelas tersebut menjadi kelas lintas fakultas ke salah satu jurusan di FKM. Tadi ketika aku masuk kelas Polisi dan pemolisian jumlah mahasiswanya berkurang dari hari kemarin. Banyak mahasiswi psikologi yang minggu kemarin mengambil kelas ini juga ikut mendrop mata kuliah tersebut seperti Rahel.

Rumusan Masalah

Apa yang menyebabkan mahasiswi tersebut mendrop mata kuliah polisi dan pemolisian?

Variabel

Independent Variable : Pengaruh Komtak Mata

Dependent Variable : Daya Tangkap Matakuliah

Extraneous Variable : Sedang puasa, Waktu kuliah, Suara dosen, Penggunaan alat bantu kuliah

Berdasarkan observasi observer di lapangan saat matakuliah berlangsung, suasana kelas polisi dan pemolisian kurang kondusif. Dosen yang mengajar tidak menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menarik perhatian mahasiswa. Hal ini terlihat dari minimnya kontak mata antara dosen dan mahasiswa. Ketika dosen tersebut memberikan contoh dari materi beliau menoleh ke arah kaca ruangan kelas. Mungkin dalam durasi lima menit beliau hanya sekali menatap mata mahasiswa. Padahal kontak mata adalah komponen utama teknik mengajar. Ditambah dengan waktu kuliah polisi dan pemolisian yang merupakan waktu istirahat siang yakni pukul 13.10-15.20 wib.

Ada satu hal lain yang saya temukan hari ini. Saya tidak tahu siapa nama dosen polisi dan pemolisian saya. Ketidaktahuan saya itu menunjukan komunikasi antara dosen dan mahasiswa yang kurang diutamakan oleh dosen tersebut. Selain itu, saya juga baru mengetahui bahwa ada dosen di Universitas Indonesia yang memotong waktu kuliah selama 80 menit. Matakuliah ini berlangsung dari pukul 13.10 sampai dengan pukul 15.14 wib. Kebetulan saya terlambat mengikuti kuliah selama kurang lebih 10 menit sehingga ketika saya masuk kelas kuliah sudah hampir dimulai. Namun yang mengherankan adalah ketika dosen tersebut telah selesai mentransfer ilmu berupa sejarah polisi dan pemolisian yang berdurasi kurang lebih 60 menit, beliau mengakhiri kuliah tersebut setelah sebelumnya menanyakan kepada para mahasiswa apakah ada diantara kami yang ingn bertanya atau tidak.Tidak ada diskusi atau brainstorming.

Perlu diketahui, polisi dan pemolisian adalah salah satu matakuliah di jurusan kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Untuk semester tiga ini saya diperkenankan mengambil 24 sistem kredit semester yang asa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: